L

Header Ads
Tiny Star

aku dan 'Kajian'


Baiklah.. padang mulai rintik, seperti petang beberapa hari terakhir yang selalu meneteskan hujan.. aku baru saja mengajar dikelas pada lokasi cabang terjauh, yang mengharuskanku bertukar angkot hingga dua kali untuk mencapai tempat ini (syukurlah tidak perlu melintasi tujuh sungai dengan jalan kaki *ingat kisah teman-teman SM3T)

Ah.. yang hendak kubahas bukan tentang semua itu tapi tentang kesibukanku akhir-akhir ini. Kesibukan?? Yaph_ belakangan aku mulai sibuk mengagumi kenalan-kenalan baruku di salah satu kajian yang kuikuti (lebih tepatnya mengagumi pengetahuan mereka),, meski tidak langsung kuutarakan, tapi sungguh mereka ‘keren’ sekali,, ‘keren?? Ya..! sungguh keren pengetahuan mereka tentang topik-topik yang dibahas sehingga aku tidak berani bersuara (aku tidak yakin untuk memakai kata ‘belum’ untuk menggantikan kata ‘tidak’). Bukan bermaksud mengaku sebagai katak tapi memang mereka membuka ‘tempurung’ku, bahwa ternyata duniaku tidak sedamai di dalam tempurung, bahwa ternyata  ada banyak hal di luar sana yang kupikir selama ini baik-baik saja. Tahukah.. setelah membaca penjelasan demi penjelasan, aku akan termangu beberapa jenak, merasakan lompatan-lompatan dalam listrik antar ujung syaraf dalam otakku (dan itu membuatku selalu ketinggalan untuk berkomentar), untuk kemudian melanjutkan membaca komentar lain dari mereka.

Malu sebenarnya pada diri, rasanya otakku seketika terseok-seok mengikuti pengetahuan baru tersebut hingga setiap kali mengerjakan quiz dari kajian, aku harus mengulang membaca lagi, memahami lagi dan menjawab seadanya, tidak rinci, tidak tajam dan (mungkin) jauh dari jawaban yang seharusnya. Tapi sekali lagi, meski merasa jadi orang paling tolol disana, aku bersyukur bisa bergabung, membuka mata lebih lebar bahwa islam itu indah dan bahwa ‘perang sudah dimulai’ dengan atau tanpa (mu),, jadi sebaiknya segera masuk barisan,, kenali strategi lawan dan asah tajam pedang(mu) serta jangan lupa terus belajar.

Hahaha_ jadi kajian apa itu? (baru sadar setelah berceracau panjang).. begini kawan_ aku mengikuti kajian kristologi (oopz_ jangan dulu berkomentar,, sebelum dapat penjelasan).. disana aku belajar mengenai bible yang bukan injil dan juga bukan al-kitab, belajar tentang (mirisnya) konsep Tuhan, nabi, dan Malaikat didalam bible tersebut. Pun bentuk ‘perang pemikiran’ yang sudah lama digencarkan terhadap umat islam.. penistaan al-quran, penghinaan terhadap Rasulullah _ ah,, masih banyak yang lain..

Sudah ya,, aku mau pulang, maghrib hendak datang,, aku tidak ingin berada dijalan ketika adzan berkumandang.

2 komentar:

  1. Semangad...
    Kita juga sama sama belajar kok...

    BalasHapus
  2. Hehe_ semangkA..! Terima Kasih,,

    Moga kita dapat hasil yang bermanfaat dari mempelajari ini semua..

    BalasHapus