L

Header Ads
Tiny Star

serba-serbi Kristologi #2

1.    Al-baqarah 120. "..orang-orang yahudi dan nasrani tidak akan senang sebelum kamu mengikuti millah mereka.." millah yang dimaksud disini adalah kebudayaan, cara pandang dan pola pikir mereka. seperti yang sudah dibahas sebelumnya, mereka akan melakukan segala cara untuk membuat kita mengikuti mereka. baik itu dalam hal agama: kristen, hindu, budha, dll. dalam hal budaya: valentine, natal, hallowen, paskah, sesembahan, dll. serta dalam hal pola pikir: komunis, demokrasi, kapitalis, dll.

2.    tugas seorang muslim adalah saling menasehati, seperti dalam surat al-ashr:3.. seorang muslim juga dianjurkan menyampaikan ilmu yang dia miliki. maka sudah seharusnya kita sebagai seorang muslim untuk saling mengingatkan saudara yang lain, memberitahu mereka bagaimana seharusnya kita bersikap terhadap kristen dan mengajak mereka untuk menyampaikannya kembali. orang kristen sudah punya persiapan sedemikian rapi untuk 'menyerang kita'.. maka kitapun harus bersatu, merapatkan shaff untuk mengatasinya.. sebagaimana firman Allah dalam surat ash shaff ayat 4.

3.    Nama asli paulus adalah saul, lahir di Tarsus sekitar 2 masehi berarti selisih 8 tahun dengan nabi Isa, berasal dari salah satu suku bani israil, benyamin. Di lingkungan keluarga, paulus dididik dengan hukum taurat, sedang di lingkungan masyarakat, pengaruh kebudayaan yunani amat kuat. Aliran filsafat Yunani yang amat berpengaruh ketika itu adalah aliran Stoa yang pantheistik menganggap Tuhan dan makhluk merupakan suatu kesatuan yang sama zatnya dan hanya berbeda dalam penglihatan bentuk. Selain pendidikan Taurat yang dianuti dengan fanatik serta mempunyai pengetahuan yang tinggi terhadapnya, dia juga mahir dalam bidang pendidikan ala Romawi serta pendidikan dan pengajaran falsafsah Yunani. Dia sendiri penganut faham aliran Farisi yaitu golongan yang sangat anti terhadap ajaran Nabi Isa AS. Meski begitu, saul akhirnya menjadi Kristen dan berganti nama menjadi paulus lewat kejadian ‘aneh’ yang dialaminya (kisah para rasul 9: 3-20).

4. Kontribusinya dalam kekristenan sangat besar, Setelah mengambil alih kepemimpinan Yesus, perlahan-lahan ia mulai mengubah ajaran Yesus dan menciptakan agama Kristen. Ia mengajarkan Tripartite (Trinitas/Tritunggal) ke dalam agama Kristen yang diambil dari kepercayaannya yang sebelumnya. Disebarkan olehnya bahwa Yesus adalah Anak Allah (Oknum ke-2 dalam doktrin Trinitas) yang turun ke muka bumi untuk berkorban dan disalib agar bisa menebus dosa umat manusia yang dikenal sebagai Dosa Turunan. Ia ingin semua serba mudah, serba gampang dan semua bisa dinikmati. Ia berusaha meyakinkan umat Kristen untuk tidak melakukan hal yang percuma dan menolak yang dilarang Yesus, karena sudah ditebus dosanya oleh Yesus. Dengan begitu, tak ada lagi batasan hukum halal dan haram. Jadi bisa dikatakan bahwa paulus adalah pencipta Kristen yang ada sekarang, sebab seluruh ajarannya bertentangan dengan misi kerasulan yesus. Pengaruhnya dalam bible sudah disinggung dalam Ayat Suci Al-Quran Surat 2. Al Baqarah: 79. “Maka kecelakaan yang besarlah bagi orang-orang yang menulis Al Kitab dengan tangan mereka sendiri, lalu dikatakannya; "Ini dari Allah", (dengan maksud) untuk memperoleh keuntungan yang sedikit dengan perbuatan itu. Maka kecelakaan yang besarlah bagi mereka, akibat apa yang ditulis oleh tangan mereka sendiri, dan kecelakaan yang besarlah bagi mereka, akibat apa yang mereka kerjakan”. Paulus ‘menulis’ al-kitabnya sendiri dalam perjanjian baru, dengan dibantu oleh Lukas maka paulus merancang sendiri isi bible demi kepentingan sendiri dan penjajah romawi dan yunani yang menguasai palestina. Jikalah paulus tidak mengubah-ubah isi bible maka mustahil dia akan diakui sebagai rasul, Misalnya pada ‘kisah para rasul 9: 3-20) yang menceritakan tentang tuhan yesus. Seperti yang kita ketahui sebelumnya, perjanjian baru didonimasi oleh kata-kata dan surat paulus. Itu juga sebabnya ayat-ayat dalam bible banyak yang bertentangan satu sama lain. Berbeda dengan ayat-ayat al-qur’an yang saling menguatkan antara satu ayat dengan ayat lainnya.
5.    Kristen dan nasrani berbeda, Kristen adalah pengikut aliran yang dibuat oleh paulus, mereka menggunakan bible yang telah diubah-ubah , mereka bukan lagi umat nabi isa. Mempercayai trinitas dan pengampunan. sedangkan nasrani adalah umat nabi isa, yang masih memegang ajaran tauhid, yang diburu untuk dibunuh oleh paulus karena kebenciannya kepada nabi Isa dan umatnya. Jadi jelas antara kristen dan nasrani itu berbeda.

0 Comments:

Posting Komentar