L

Header Ads
Tiny Star

DilemA

Sekolahku.. (jadi ingin tahu, siapa orang yang gak pernah nyontek atau minimal ngasih contekan???)
Aku memasuki kelas dengan membawa soal dan lembar jawaban kosong, kalau tidak ingat pada statusku hari ini sebagai pengawas..tentu aku sudah tertawa menyaksikan wajah tegnag milik mereka, santai nak, hari ini kuhabisi kalian pikiran bandel menari indah dikepalaku seiring dengan tampang sangar yang kupakai, “tas, buku dan catatan kecil lainnya dikumpul didepan” suaraku lantang setelah pembacaan do’a selesai ha..ha..begini rasanya ditakuti usik batinku lagi. “ujian apa sekarang?” pertanyaan retoris kuajukan “bahasa inggris buk..” jawaban mereka tidak serempak, tapi tak apa, mungkin beberapa orang kehilangan kata melihat wajahku pagi ini..(menyeramkan)
Kubagikan lembar soal dalam posisi terbalik dan kuawasi mereka satu persatu.
Hm…ternyata begini rasanya menjadi pengawas, DILEMA sengaja kubuat seperti itu karena memang itu yang kurasa pagi ini dan mungkin pagi-pagi berikut.. DILEMA antara kasihan dan kewajiban,, kasihan melihat lembar jawaban mereka mash kosong tapi kewajiban untuk mengawasi mereka agar tidak ada yang melanggar (baik itu nyontek apalagi lihat catatan kecil).. kasihan melihat mereka takut-takut bertanya kiri-kanan tapi kewajiban untuk menegurnya.. kasihan kalau aku berada diposisi mereka tapi kenyataannya hari ini posisiku sebagai pengawas.. DILEMA selanjutnya; sebenarnya aku tidak setuju dengan cara ujian seperti ini, lebih baik oral test kurasa karena tidak ada kesempatan untuk menyontek (posisi pengawas) tapi disisi lain aku tidak setuju dengan posisi kelas yang besar namun hanya ditempati oleh 16 siswa dengan posisi teramat renggang sehingga sangat menyulitkan untuk mencontek (posisi lain-lain).. apa salahnya sih bekerja dengan kemampuan sendiri, bukankah baru ujian semester (posisi pengawas) tapi kupikir ujian MID Semester lumayan berpengaruh pada nilai akhir (posisi lain-lain).. tidak..ujian kali ini harus berlangsung jujur sesuai tujuannya (posisi pengawas) tapi siapakah yang benar-benar jujur ujian dikelas (posisi lain-lain).. wajah pendidikan tidak akan baik jika jawaban mereka bersumber dari beberapa kepala (posisi pengawas) tapi bukankah wajah pendidikan sudah buruk, buktinya mereka disuruh membeli lembar jawaban yang telah distempel padahal sudah ada porsi dana untuk ujian (posisi lain-lain)
Ah sudahlah… aku makin bingung dengan keadaan dan posisiku sekarang maka kuizinkan mereka menyontek asalkan tidak terlihat olehku..

0 Comments:

Posting Komentar