L

Header Ads
Tiny Star

chrysantemum

CURSE OF THE GOLDEN FLOWER..

Pernah dengar sebelumnya?? Yaph_ itu adalah judul film yang dirilis tahun 2006 dengan latar belakang Dinasti Tang. Bercerita tentang keluarga kaisar Ping yang penuh penghianatan, kelicikan dan kekejaman (sadis euy). Tapi yang ingin dibicarakan disini bukan tentang ratu phoenik atau chow yun fat yang berperan sebagai kaisar. Sekali lagi bukan.

Tulisan ini sebenarnya bermula dari rasa ingin tahu tentang bunga krisan yang disulam oleh sang permaisuri untuk festival bunga seruni. Secantik apa sebenarnya bunga krisan yang dimaksud.. dan pencarian dimulai,, ternyata oh ternyata: bunga tersebut ada dalam pot bunga di beranda rumahku (ah.. minim pengetahuan mengenai bunga membuatku terlihat bodoh *jangan bilang siapa-siapa ya). Hm.. setahuku sih namanya bunga aster, dan kabar baiknya aku tidak salah mutlak karena kata wikipedia,, bunga seruni (nama lainnya) memang bagian dari suku asteraceae yang mencakup berbagai jenis chrysantemum. (cihuy..!!)

Bunga ini juga dapat berfungsi sebagai insektisida, karena mengandung unsur piretrin yang aktif mengusir serangga. Senyawa ini dapat mengganggu sistem syaraf serangga dan menghambat perkembangan serangga dalam penetasan telur (pembasmian serangga hingga akarnya: sadis euy). Namun bagi yang bukan serangga, ada kabar baik mengenai bunga ini: selain bermanfaat untuk mengatasi influenza, bunga ini juga mengandung antioksidan yang mampu menyerap racun dari tubuh, mengahambat penuaan, de el el. Mungkin itu sebabnya ada teh bunga krisan dijepang sana.

0 Comments:

Posting Komentar