L

Header Ads
Tiny Star

sidukuang anak

Ok_ penjelajahan pagi ini berkaitan dengan tanaman obat, meski dari latar belakang sosial dan terakhir kali belajar tentang tumbuhan itu dibangku SLTP tapi bukankah ilmu itu tidak hanya dibangku sekolah? (dimeja juga ada)

Hasil pertama yang didapat adalah ‘sidukuang anak’ atau dikenal dengan nama meniran, bahasa gaulnya phyllantus nirun. Tanaman ini mudah ditemui di halaman rumah (yang gak terawat) atau di kebun, di hutan.. pokoknya nie tanaman tersebar diseluruh tropis indonesia.

Tanaman ini dipercaya mampu sebagai obat yang berkaitan dengan saluran empedu dan juga sebagai penurun jumlah virus hepatitis B dalam darah.. nah_ yang terbaru adalah tanaman ini ternyata juga bisa sebagai imunomudulator (apa lagi itu?). imunomodulator berperan membuat sistem imun lebih aktif menjalankan fungsinya, menguatkan sistem imun tubuh (imunostimulator) atau menekan reaksi imun yang berlebihan (imunosuppressan). *jadi bisa dibilang sebagai penyeimbang daya tahan tubuh.. jadi teringat sakit lupus, bisa gak ya ‘diselesaikan’ dengan tanaman ini??

Selain itu meniran mengandung ‘flavanoid’ yang berfungsi meningkatkan trombosit darah (sekandung dengan jambu biji berarti). Jadi meniran bisa jadi alternatif obat untuk penderita Demam Berdarah Dengue (DBD).. tapi kalau boleh memilih sih_ lumayan makan jambu biji daripada melalap meniran. Pun berkaitan dengan tuberkulosis.. tanaman ini tengah dikembangkan untuk memberantas penyakit yang berkaitan dengan paru tersebut. Keren ya_ minimal bagi orang awam seperti saya yang selama ini menganggap bahwa meniran cuma satu dari tumbuhan liar yang harus dicabut dari halaman rumah *merusak pemandangan.

Kesimpulan: ternyata ada banyak hal yang tidak kita ketahui sehingga membutakan kita untuk menyadari betapa banyak rahasia berharga semesta yang kita lewatkan begitu saja.


0 Comments:

Posting Komentar