L

Header Ads
Tiny Star

CosMos

Entah sejak kapan aku tertarik dengan aneka bunga, dulu satu-satunya bunga yang berhasil menarik perhatianku cuma teratai, siklusnya yang menurutku unik mampu membuatku mencari tahu tentang bunga yang mampu bertahan dibeku es tersebut. Setahuku bunga teratai akan merekah sejak subuh hingga dhuha, setelah itu mereka akan menutup kelopak mahkotanya kembali.

Kali ini aku akan berbicara tentang bunga cosmos, tahukah? Bunga asal amerika latin ini banyak tumbuh di jepang sebagai penanda awal musim gugur. Namun tidak perlu jauh-jauh ke negara matahari terbit, sebab suhu tropis juga menyediakan layanan yang baik untuk bunga dengan warna cerah ini. Dikenal dengan nama kenikir, bunga yang masih masuk dalam kelompok asteraceae ini ternyata diam-diam memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

Mari kita singkap rahasia semesta yang dititpkan pada tumbuhan tropis ini:
Kabarnya daun dari bunga ini sudah sering dijadikan lalapan(meski aku sendiri belum pernaah mencobanya), daunnya yang majemuk ini memiliki senyawa antioksidan yang cukup tinggi, dan kabarnya lagi lebih dari duapuluh jenis antioksidan yang dikenal berasal darinya. Selain itu, daun bunga ini mengandung karbohidrat, protein, lemak, kalsium dan vitamin A. Khasiat dari daun tumbuhan ini antara lain:

a.    Sebagai obat lemah lambung
b.    Sebagai penguat tulang
c.    Sebagai penambah nafsu makan
d.    Mengobati lemah jantung
e.    Mencegah kanker


Nah_ bunganya bermanfaat untuk obat gondokan dan juga obat pembengkakan pada payudara, caranya bunga kenikir ditumbuk dan dicampur dengan cuka, kemudian dioleskan pada bagian yang sakit. Bunga ini juga mampu mengusir serangga dengan aromanya (jangan-jangan semua jenis asteraceae mampu mengusir serangga dengan aroma dan kandungannya).

Setelah berburu di mesin pencari ternyata ada bunga ini ada yang berwarna coklat dengan aroma vanila, sayangnya jenis yang satu ini sudah nyaris punah sehingga urung kugunakan untuk menggoda teman-teman yang sedang berpuasa (syukurlah).

 


0 Comments:

Posting Komentar