L

Header Ads
Tiny Star

Manajement Trainee

Manajement Trainee

Tentu teman-teman sudah tahu istilah itu, tapi bagi saya yang masih lugu dan imut ini, istilah itu baru saya kenali seminggu sebelum prosesi wisuda Strata 1. Sedikit terlambat memang dan parahnya lagi, ketika kesempatan itu saya lewatkan,, saya tidak mencari tahu apa sebenarnya manajement trainee itu.

Tapi sekarang, dengan semakin seringnya saya mendengar istilah itu, maka sayapun mencari tahu, makhluk jenis apa dia..

Berikut penjelasan yang saya dapat:

Manajement trainee (MT) adalah jenis jalan TOL menuju level manajement yang lebih tinggi, jadi gak perlu memulai usaha dari nol,, maksudnya_ untuk jadi manajer itu gak perlu dimulai dari level staf, supervisor, eksekutif, dan titik puncaknya adalah manajer.

Nah_ kenapa saya menyebut jalan TOL.. sesuai dengan kepanjangan TOL (Tax On Location), peserta MT tidak serta merta dapat menikmati jalan menuju level yang lebih tinggi tersebut tanpa membayar ‘TAX’.. jenis TAX disini ada berbagai ragam, tergantung kebijakan perusahaan, tapi biasanya TAX dimulai dari seleksi administrasi awal, psikotest, wawancara n tes bahasa inggris, tes kemampuan dan bakat (assessment test), wawancara dengan HRD, user, dan dewan direksi, dan terakhir medical check up. Berhenti sampai disana?? Belum teman.. bukan TOL  namanya jika dilalui seperti jalan karyawan biasa, meski dengan kualifikasi yang lebih tinggi, misalnya IPK, pengalaman organisasi yang memadai, kemampuan dan skill yang cukup serta penguasaan bahasa asing. TAX sebenarnya baru akan dimulai, dari informasi yang saya dapat, peserta MT atau sudah bisa dibilang karyawan MT akan diberi training selama beberapa waktu guna memberi informasi secara keseluruhan tentang perusahaan serta tentu saja untuk mengasah kemampuan calon pimpinan perusahaan mereka dimasa depan. Katanya sih ada tiga tahap training yang dilalui

a.      Training Teori
Jenis TAX ini kabarnya cukup melelahkan, bentuk trainingnya seperti kuliah biasa.. dan masih ada kemungkinan karyawan akan gugur disesi ini ketika ujian teori pada pertengahan atau akhir perkuliahan.

b.      Training Praktek
Pada sesi ini, karyawan dituntun untuk memenuhi target sales yang ditetapkan perusahaan atau mungkin biasa disebut sales force, TAX jenis ini juga tidak kalah serunya dengan teori,, dan kadang beberapa perusahaan menyelenggarakan training praktek dulu kemudian teori, terbayangkah bagaimana meraba-raba kegiatan tanpa teori sebelumnya dalam kepala? Tapi sekali lagi,, itulah TAX yang harus dibayar untuk jalan yang akan digunakan.

c.       Ujian
Setelah melewati dua training dengan baik, karyawan akan melewati sesi ujian, seperti ujian skripsi, karyawan harus mempertanggungjawabkan ‘kuliah’ teori dan prakteknya selama beberapa waktu sebelumnya. Babak penentuan ini adalah kunci apakah karyawan MT memiliki kemampuan yang cukup untuk melewati jalan tersebut atau diminta berbelok melalui jalur biasa.

Hm.. demikian sedikit informasi yang saya dapat mengenai Management Trainee, dan menurut saya jalan itu layak dilalui oleh mereka yang sudah berlelah-lelah dan berlama-lama membayar TAX. Terakhir,, Selamat berjuang..! do’aku untukmu*

Sumber: dari mana-mana

0 Comments:

Posting Komentar