L

Header Ads
Tiny Star

PPCPAK

PPCPAK

Pernah dengar teman? saia bahkan baru mendengarnya minggu lalu, secara tidak sengaja pula.

Nah_ PPCPAK adalah program yang digawangi oleh Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi, sebagai upaya untuk mewujudkan ketersediaan tenaga kerja yang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan pembangunan nasional dan daerah, dan untuk meningkatkan daya saing bangsa, pemerintah mengembangkan salah satu pentuk pendidikan tinggi yang disebut Community Collage (Akademi Komunitas), untuk mempersiapkan pengembangan dan pendirian AK, maka perlu Program Pendidikan Calon Pendidik Akademi Komunitas (PPCPAK).

Sampai disini sudah paham? Yaph_ saia juga belum, bahasanya terlalu payah. Intinya ya, program Dikti kali ini bertujuan untuk mempersiapkan tenaga pendidik untuk akademi komunitas, mereka yang telah lulus tes tiga tahap akan diberi pendidikan selama satu tahun untuk kemudian ditempatkan dimanapun akademi komunitas diselenggarakan. Lulusan PPCPAK diharapkan memiliki keunggulan dalam kompetensi sebagai pendidik professional dibidang kejuruan. 

Mirip dengan PPGT? Yaph_ sedikit mirip, bedanya PPGT untuk mengajar di sekolah kejuruan sedang PPCPAK untuk mengajar di akademi komunitas.
Pendaftaran seleksi gelombang kedua untuk angkatan kedua tahun ini sudah ditutup tanggal 23 agustus 2013 lalu, setelah hasil seleksi gelombang pertama diumumkan. Angkatan pertama PPCPAK sekarang sedang mengikuti perkuliahan dikampus penyelenggara pilihan mereka.

Adapun peserta terpilih haruslah lulus melewati tiga saringan, yang pertama adalah seleksi administratif, pendaftar dapat mengetahui lulus tidaknya dengan cara login keakun yang telah didapatkan ketika mendaftar, selanjutnya adalah tes online,, jangan dikira tes online ini bisa dilakukan dimana saja yang penting online, tes tahap dua ini diselenggarakan ditempat yang sudah ditentukan panitia, dengan waktu yang juga sudah diberitahu sebelumnya, adapun materi tes tidak jauh-jauh dari TPA (tes potensi akademik) dan juga tes kemampuan bahasa inggris. Setelah itu? Ya wawancara, akhir dari sesi tes.. tunggu saja, jika lulus maka tanggal 9 september perkuliahan akan dimulai.. insyaallah.

Apa peserta PPCPAK itu PNS? Hehe.. tentu saja tidak, jangan berharap lebih dari program ini, tidak ada iming-iming kearah sana, ada sih kabar angin yang bilang bahwa mereka akan di-S2 kan, tapi who knows?? Angkatan satu saja baru akan ujian kompetensi oktober mendatang.  

2 komentar:

  1. Peserta PPCPAK juga ya.... Ambil Jurusan apa dan dimana pendidikannya?

    BalasHapus
  2. nyaris jadi peserta PPCPAK jurusan akuntansi di politeknik padang.
    ^^

    BalasHapus