L

Header Ads
Tiny Star

Penerimaan Total

Bismillah
Kamar Rindu. 21.35

Alhamdulillah,, seharian ini padat nian agenda saya, subuh bermula seperti biasa,, melaksanakan rutinitas (hak dan kewajiban) hingga pukul 6, saya baru ingat bahwa pembahasan soal TO SBMPTN harus diserahkan hari jum’at pagi, masih lama sebenarnya.. terhitung 2 hari lagi, tapi hari ini saya punya agenda mengajar keluar kota, pulangnya saya langsung menuju kampung, lusa baru saya akan kembali. Niat awal, sebelum nanti berangkat keluar kota jam 9.45, pembahasan soal tersebut sudah saya serahkan agar ketika di kampung saya bebas dari semua tugas. Satu persatu soal alhamdulillah saya lalui dengan lancar, tapi pada soal bernomor 64, saya tersendat. Nyaris tak punya jalan. Sehingga saya lompati dan kembali berjalan dengan mulus. Ah.. angka 9.00 sudah tepat dijarum pendek, saya belum mandi dan sejak subuh tadi perut saya asyik bernyanyi, saya baru ingat bahwa kemaren saya langsung tertidur sepulang dari luar kota.

“selesai kak?” tanya adik kos ketika saya berbenah dan menyambar handuk.

“satu soal lagi” sambil tersenyum saya bergegas kekamar mandi. Tidak ada lirik asal-asalan, tidak ada senandung aneh, pun tidak ada suara sumbang yang mengiringi setiap guyuran air, otak saya sedang fokus pada soal bernomor 64 tersebut.

***

Banyak sudah kisah yang terjadi hari ini, termasuk gagalnya saya menyerahkan pembahasan soal tersebut sebelum berangkat keluar kota.  Phufft,, saya lelah tapi soal itu menciptakan penasaran yang membuat saya memutuskan menunda tidur, dengan pensil kesayangan, mulailah kombinasi angka dan huruf menghiasi kertas. Dan... berhasil, hey.. saya berhasil..!!! kantuk yang tadi mengiringi lelah langsung menyingkir mendengar teriakan saya. Pencapaian terbesar hari ini,, sungguh rasanya sangat menyenangkan.. mari teman, sini saya bagi soal tersebut:

Jika fungsi TR = 80Q – 2Q2, berapakah penerimaan total jika elastisitas permintaan 4?

Singkat memang, tapi tidak sesingkat waktu yang saya butuhkan untuk menyelesaikannya:

TR= PxQ à TR= 80Q – 2Q2
                     TR= Q (80 – 2Q)

P = 80 – 2Q à 2Q = 80 – P
                          Q  = 40 – 0.5P
                          Q’ = -0.5

ED = Q’x P/Q à    4     = -0.5 x (80–2Q)/Q
                            4/0.5  = (80–2Q)/Q
                               8     = (80–2Q)/Q
                               8Q = 80–2Q
                        8Q+2Q  = 80
                             10Q  = 80
                                 Q  = 80/10
                                 Q  = 8
Jadi Penerimaan Total à  TR= 80Q – 2Q2
                                        TR= 80(8) – 2(82)
                                        TR= 640 – 128
                                        TR= 512

Ha..ha.. sederhana, bukan?

Hoam.. kantuk yang tadi saya kira menyingkir karena teriakan saya kembali datang, ternyata dia pergi untuk kembali dengan kemampuan yang lebih besar.
Selamat tidur,, semoga Allah mendekatkan semua rahasia dengan jawabannya. Amiin..

0 Comments:

Posting Komentar